M-NEWS
Joker Dominasi Oscar Dengan 11 Nominasi
byMUGOS TEAM
14th, Januari 2020
Comment
news

Foto: Instagram jokermovie

Sukses film Joker tahun 2019 lalu rupanya berbuah manis, tak tanggung-tanggung film arahan Todd Phillips ini mendominasi Academy Awards 2020 dengan masuk di 11 nominasi sekaligus.

Sang aktor, Joaquin Phoenix yang sebelumnya berhasil menggaet Golden Globes Awards sebagai Best Actor in a Drama juga berpeluang besar memenangkan kategori serupa sebagai Best Actor di Oscar tahun ini. Ini adalah kali kedua pemeran Joker mendapatkan nominasi di Oscar, almarhum Heath Ledger pernah memenangkan pemeran pembantu terbaik pada 2009 silam.

Tak hanya sebagai Best Actor, film yang diadaptasi dari DC Comics ini bahkan dinominasikan sebagai film terbaik di kategori Best Picture.

Foto: Instagram igndotcom

Jumlah nominasi yang fantastis itu membuat film Joker melampaui raihan The Dark Knight yang dinominasikan pada 8 kategori yang sebelumnya merupakan film superhero dengan nominasi terbanyak dalam sepanjang sejarah Oscar. Sebelas, adalah sebuah jumlah yang fantastis untuk ukuran film adaptasi komik, bukan?

Selain dua kategori yang sudah disebutkan di atas, Joker masuk sebagai nominasi di kategori Best Original Music Score, Best Director, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, Best Sound Mixing, Best Costume Design, Best Sound Editing, Best Film Editing, dan Best Makeup and Hairstyling.