M-NEWS
Kisah Oasis dan Lagunya Yang Anti Mainstream
byMugos Team
3rd, Desember 2019
Comment
news


Bicara soal Oasis pastinya tidak bisa lepas dari pertikaian yang terjadi diantara dua kakak beradik yaitu Noel dan Liam. Walalupun berada dalam satu band, baik Noel dan Liam rasanya sangat jauh dari kata kaur satu sama lain.

Oasis memang memiliki keunikan tersendiri, Meski faktaya hingga saat ini mereka belum mau untuk berbaikan, namun selama berada di Oasis keduanya mampu meciptakan deretan lagu yang bahkan beberapa diantaramya masih hits hingga saat ini.

Namun bukan Oasis namanya jika musik yang mereka suguhkan sama dam seragam seperti yang lain. Beberapa lagu mereka bahkan terbilang unik. Lagu Champagne Supernova misalnya, Menurut Noel judul lagu tersebut terinspirasi dari sebuah band yang bernama Bassanova, sedangkan Champagne diambil dari kisah Noel ketika menonton film dokumeter tentang Sampanye (Champagne).

Namun bukanlah hal yang mudah untuk mengartikan lagu Champagne Supernova. Noel bahkan pernah berkali-kali ditanyai mengenai makna dari lagu tersebut khususnya pada bagian lirik "Slowly Walking Down The Hall, Faster Than Cannon Ball." Banyak orang yang berpendapat jika lirik dari lagu tersebut terlalu membingunggkan untuk diartikan.

Pada suatu kesempatan seseorang menayakan langsung kepada Noel mengenai hal tersebut, sayangnya jawaban dari Noel pun akhirnya tidak bisa menjawab apa-apa. Dia mengatakan tidak tahu makna lagu tersebut dan justru meminta orang yang bertanya kepadanya untuk memberitahunya.



"Ketika lagumu dinyayikan oleh 60.000 orang berbeda, apakah mereka tidak mengetahui maknanya? Itu berarti makna lagu tersebut memiliki perbedaan antara satu dan yang lainya." Jawab Noel.

Selain lagu Champgne Supernova yang bahkan Noel tidak tahu artinya atau entah mungkin tidak mau untuk mengartikannya, barisan lirik "So Sally Can't Wait" pada lagu Don't Look Back in Anger juga tidak memiliki arti. Lirik tersebut diciptakan oleh para personil untuk mengisi kekosongan pada bagian reff. Makna dari lagu ini juga cukup unik karena disampaikan secara jujur dengan cara mereka sendiri. Maka tak heran jika lagu ini menjadi salah satu lagu ikonik dari Oasis.

Dengan fakta-fakta diatas tak lantas menjadikan Oasis sebagai pencipta lagu yang meaningless. Beberapa lagu yang mereka ciptakan bahkan memiliki makna yang kuat dan cukup bagus, salah satunya adalah Stop Crying Your Heart Out. Lirik dari lagu tersebut beisikan motivasi untuk seseorang yang sedang mengalami kegagalan. Ketika Inggris kalah dari Brazil di Piala Dunia 2002, para supporter Inggris ramai-ramain menyanyikan lagu ini sebagai pelipur lara.